Cerita Teknisi AC di Rohul, Cuan Meningkat di Musim Kemarau

Junaidi seorang teknisi AC saat melakukan pembersihan pada AC milik warga. Foto/Mengabarkan.com

Mengabarkan.com – Junaidi ( 30), adalah seorang teknisi air conditioner (AC) yang tinggal di Desa Babussalam, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Sejak musim kemarau, ia mengaku kebanjiran pesanan dari klienya untuk servis AC. Baik itu AC milik perkantoran, perorangan dan AC milik Indomaret yang ada di Rokan Hulu.

Menurut Junaidi, dalam sehari ia bersama rekanya bisa servis AC sebanyak 5 sampai 8 unit per harinya. “Tergantung jarak juga. Kalau di sekitar kota Pasir Pengaraian, bisa 8 unit seharinya,” kata Junaidi saat berbincang dengan reporter Mengabarkan.com di Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah, Rohul, pada Minggu (16/10/2023) lalu.

Pria kelahiran 1990 ini menyampaikan, untuk jasa servis satu unit AC dikenakan tarif Rp 150 ribu.” Kalau servis aja hanya 150 ribu. Berbeda jika ada kerusakan pada AC, tentunya kita lihat dulu apa kerusakanya,” cetusnya.

Ia juga mengakui, selama musim kemarau tahun ini, jasa servis AC mengalami peningkatan. “Lumayan lah. Di musim kemarau ini bisa 5 sampai 8 unit AC yang diservis. Kalau biasanya hanya 3 unit aja,” ujarnya.

Junaidi yang mengaku menjadi teknisi AC sejak tahun 2012 lalu itu, bisa mendapat keuntungan mencapai 50 persen dari hari sebelumnya.” Kalau sekarang bisa dapat 50 persen keuntungan. Karena kan, kita tahu sendiri, saat ini cuca begitu panas, sehingga banyak pemilik AC butuh ruangannya tetap dingin,” bebernya sembari ternsenyum.

Selain teknisi AC, Junaidi juga punya keahlian untuk memperbaiki alat-alat rumah tangga. Seperti kulkas dan mesin cuci.” Selain servis AC, kita juga bisa memperbaiki kulkas dan mesin cuci,” kata Junaidi.

Servis AC 6 Bulan Sekali

Selama menjadi teknisi AC di Rohul, ternyata Junaidi banyak menemukan AC milik perorangan yang sudah lama tak dibersihakan, bahkan ada yang sudah 2 tahun baru di servis.

Menurutnya, servis AC itu sebaiknya 6 bulan sekali, agar AC tetap bagus dan ruangan tetap dingin. ”Seharusnya 6 bulan sekali harus servis, agar udara di dalam ruangan tetap segar. Karena AC itu juga bisa menyimpan debu. Nah, kalau tak diservis bisa mengeluarkan bau, dan juga tidak baik untuk kesehatan,” terang Junaidi. *** (Paber)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *