Kapolres Kuansing Ingatkan Seluruh Personel Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito. Foto/Mengabarkan.com

Mengabarkan.com – Kapolres Kuantan Singingi (Kuansing), AKBP Pangucap Priyo Soegito, mengingatkan seluruh personelnya agar bersikap netral di Pemilu 2024.

“Sebagai anggota Polri harus mampu menjaga netralitas dalam perhelatan Pemilu ini,” tegas AKBP Pangucap, saat Apel pagi yang dilaksanakan di Lapangan Mapolres Kuansing, pada Selasa (21/11/2023).

AKBP Pangucap juga berpesan kepada seluruh Pejabat Utama (PJU) Polres Kuansing dan Polsek jajaran agar dapat menjunjung tinggi netralitas.

“Para PJU dan Kapolsek harus selalu mengawasi anggota masing-masing. Jangan sampai ada yang terlibat dalam kegiatan politik praktis. Namun sebaliknya, kita harus menampilkan jati diri dengan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat,” tegas AKBP Pangucap.

Pangucap menambahkan, yang terpentig itu setiap anggota polri wajib menunjukkan sikap dan perilaku yang netral kesehariannya, baik di lapangan maupun di dunia maya.

“Kalau nanti sampai ada yang macam-macam, maka akan saya proses dan saya tindak tegas karena ini juga sudah penekanan langsung dari bapak Kapolri dan Kapolda Riau, bahwa setiap anggota Polri harus menjunjung tinggi netralitas,” tegas AKBP Pangucap.

“Saya minta rekan-rekan tingkatkan deteksi dini dan kenali potensi kerawanan setiap daerah. Setiap ada masalah kecil harus diperhatikan karena sesuatu yang kecil itu yang dapat menimbulkan masalah besar,” sambugnya.

Pasang telinga

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap juga menyampaikan, agar seluruh personel ‘pasang telinga’ untuk memonitor kisaran suara yang beredar di tengah-tengah masyarakat .

“Yang patut kita waspadai adalah permainan politik di tahun 2023-2024, di antaranya hoax, isu SARA hingga money politic (politik uang) karena ketika terjadi konflik, maka akan berakibat fatal dan merusak demokrasi di negara kita ini,” jelas Pangucap.

“Kemudian untuk anggota yang bertugas di kantor KPU, gudang logistik pemilu dan Bawaslu agar laksanakan perintah dengan sebaik-baiknya karena ini adalah tugas negara yang diembankan kepada kita,” sambungnya.

Situasi kondusif

AKBP Pangucap juga menyampaikan, bahwa situasi Kamtibmas menjelang Pemilu 2024 di Kabupaten Kuansing saat ini relatif masih kondusif.

Anggota kepolisian pun terus mengawal jalannya tahapan Pemilu untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama proses demokrasi.

Kapolres Kuansing juga meminta peran aktif media dalam mengawal seluruh tahapan Pemilu 2024, agar kondisi tetap aman dan kondusif.

“Media akan menjadi salah satu unsur pendukung utama dalam menjaga situasi agar tetap aman dan damai selama pelaksanaan pemilu. Bagi rekan-rekan wartawan, mari kita jaga situasi Pemilu di Kuansing berjalan lancar dan aman,” ajak AKBP Pangucap. (Paber).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *