WBP Lapas Kelas IIB Pasir Pengaraian Lakukan Skrining ACF TBC

Foto/Mengabarkan.com

Mengabarkan.com – Lembaga Pemasyarakat Kelas IIB Pasir Pengaraian bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI mengadakan kegiatan Skrining Active Case Finding (ACF) Tuberkulosis (TBC) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan itu dilaksanakan pada Jumat (6/10/2023), di Lapas Pasir Pengaraian, Rokan Hulu (Rohul), Riau, yang juga melibatkan Dinas Kesehatan Rohul, Puskesmas Rambah, Global Fund (GF) dan Tirta Medical Center (TMC).

Kalapas Kelas IIB Pasir Pengaraian Bahtiar Sitepu, melalui Kepala Seksi Binadik, Giatja Sunu Istiqomah Danu, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yang berisiko tinggi atau rentan terhadap penularan atau penyebaran di dalam komunitas, termasuk di Lapas.

Ia juga menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai bentuk tindak lanjut dari Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi rontgen pada dada.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari, dimulai dari 6 Oktober hingga 9 Oktober 2023. Di hari pertama ini, kegiatan telah diikuti oleh 162 WBP, dengan total target skrining sebanyak 762 orang,” ujar Giatja.

“Dalam kegiatan ini, peserta akan melakukan pemeriksaan radiologi Rontgen dada atau atau chest x-ray (CXR),” sambugnya.

Dia menjelaskan, skrining CXR bagi warga binaan dilakukan oleh oleh tim vendor X-Ray Tirta Medical Center (TMC), yang didampingi 2 orang petugas dari Puskesmas Rambah dan 1 orang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu. (Paber).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *