Dinilai Serius Membangun Desa, Bupati Rokan Hulu Riau Diganjar Penghargaan dari Kemendes

Bupati Rokan Hulu Sukiman saat menerima pemghargaan dari KemenDes. Foto/Mengabarkan.com

Mengabarkan.com – Bupati Rokan Hulu, Riau, Sukiman mendapat penghargaan dan lencana bakti desa dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), atas komitmen dan kerja kerasnya dalam mendukung percepatan pembangunan desa.

Atas upaya itu, seluruh desa di Kabupaten Rokan Hulu bisa mencapai status berkembang, maju dan mandiri.

Usai menerima penghargaan, Bupati Sukiman menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas apresiasi yang diberikan oleh Kementerian Desa.

“Penghargaan ini menjadi bukti bahwa kerja keras seluruh pihak yang terlibat dalam pembangunan desa di Kabupaten Rokan Hulu membuahkan hasil yang positif,” kata Sukiman, di SKA Co Ex Convention Center, Pekanbaru, Kamis (2/11/2023).

Bupati juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas kerja keras seluruh elemen pemerinta dan masyarakat Rohul dalam mewujudkan desa yang berkembang, maju dan mandiri.

“Mari seluruh pihak untuk terus menjalin sinergi dan kolaborasi dalam rangka mempercepat pembangunan desa di wilayah Provinsi Riau ini,” ajak Sukiman.

Selain Bupati Sukiman, dalam kegiatan Raker ini juga didapatkan Lencana Setia Bina Desa yang diberikan kepada Kadis DPMPD Kabupaten Rokan Hulu, Prasetyo atas upaya dan kerja keras dalam menuntaskan desa tertinggal dari Gubernur Riau.

Selain itu, dalam penilaian status perkembangan, kemajuan dan kemandirian desa Provinsi Riau tahun 2023, Desa Pasir Baru, Kecamatan Rambah mendapatkan terbaik III kategori desa maju.

Sedangkan terbaik II kategori desa berkembang yang diperoleh Desa Lubuk Kerapat Kecamatan Rambah Hilir.

Selanjutnya, dalam lomba BUMDes Awards 2023, BUMDes Mitra Usaha Mulya Desa Desa Marga Mulya Kecamatan Rambah Samo, memperoleh juara pertama.

Sedangkal Lomba bulan bakti gotong royong (BBGRM) Tingkat Provinsi Riau, didapatkan Desa Batang Kumu, Kecamatan Tambusai.

Dihadiri Gubri

Untuk diketahui, Rapat Kerja (Raker) penyelenggara pemerintah desa se-Provinsi Riau tahun 2023 ini bertujuan untuk membangun komunikasi, koordinasi, dan sinergi antara Kementerian Desa, pemerintah Provinsi Riau, serta pemerintah Kabupaten/Kota dalam rangka mendukung percepatan pembangunan desa yang inklusif, mandiri, dan berdaya saing.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Gubernur Riau H Syamsuar, didampingi Mentri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, yang diwakili oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan, Rachmatia Handayani dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Dalam sambutannya, Gubernur Riau Syamsuar, menjelaskan, bahwa di wilayah Provinsi Riau terdapat 600 desa mandiri, 585 desa maju, 406 desa berkembang, nol desa tertinggal dan nol desa sangat tertinggal.

“Alhamdulillah target kita tercapai dalam mengentaskan desa tertinggal dan desa sangat tertinggal di provinsi Riau, hal ini tentunya sejalan dengan misi ketiga kami yang di tuangkan dalam RPJMD Riau 2019-2024 yaitu mewujudkan pembangunan ekonomi yang inklusif, mandiri dan berdaya saing,” jelas Syamsuar. ***(Paber/Adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *