Mantap!!! Rohul dapat Bantuan Pembangunan Sanitasi WC dari Kementerian PUPR

Rokan Hulu – Tahun 2022 Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Riau, kembali melanjutkan program sanitasi pembangunan Tanki Septik skala individual Water Closed  (WC) untuk 12 desa pada lima Kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu Riau. Anggaran tersebut bersumber dari Anggaran Pembangunan Belanja Nasional (APBN), melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman (DPKP) Rohul, Herry Islami ST MT, melalui Kepala Bidang Kawasan Pemukiman, Fachruddin Siregar ST MT, menyampaikan, saat ini pekerjaan pembangunan tanki septik (WC) tersebut sedang dipacu pengerjaannya oleh kelompok swadaya masyarakat (KSM) yang dibentuk sesuai petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Tekhnis (Juknis) kegiatan pada 12 desa tersebut.

“Ya, saat ini pelaksanaan pembangunan sanitasi WC di 12 desa tersebut sedang dipercepat pengerjaannya oleh KSM yang sudah dibentuk dan kita dari DPKP Rohul bertugas mengawasinya, sedangkan dana kegiatan ditransfer langsung ke rekening KSM oleh pihak Kementrian, bukan dari pemkab Rohul,” ujar Fachruddin Siregar ST MT pada Senin (31/10/2022).

Fachruddin menambahkan, bahwa ada 50 KK warga pemanfaat di masing masing desa tersebut yang tergabung dalam KSM, sehingga jumlah keseluruhan warga pemanfaat berjumlah 600 KK warga yang tersebar pada lima kecamatan di Rohul, yakni Kecamatan Rambah, Rambah Samo, Kepenuhan Hulu Kecamatan dan Ujung Batu.

“Insya Allah, pekerjaan akan selesai tepat waktu seratus persen, karena kami dari Perkim Rohul turun langsung kelapangan mengawasi pekerjaan tersebut agar bisa selesai secepat mungkin dan tidak akan terbengkalai, apalagi kita terus berkoordinasi dengan para ketua KSM,” katanya.

Dijelaskannya, dari koordinasi yang dilakukan bersama KSM, sejauh ini belum ditemui kendala berarti di lapangan, semuanya sudah sesuai Juknis administrasi kegiatan.

“Bahkan, para KSM meminta kepada kita agar pemerintah terus meluncurkan program kegiatan langsung seperti ini kepada masyarakat di pedesaan, karena sangat terasa sekali manfaatnya, sehingga warga berterima kasih dengan adanya pembangunan tersebut,” jelasnya. ***(Paber).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *