Dapat Bantuan Motor Roda Tiga dari Kemensos, Riswan: Alhamdulillah Bisa Jualan Keliling

Dua warga Rohul, Riswan (kanan), Pak Ugum (kiri) mendapat bantuan motor roda tiga dari Kemensos RI. Foto/Mengabarkan.com

Mengabarkan.com – Wajah Riswan (20), terlihat bahagia saat mengetahui namanya menjadi salah satu penerima bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) dari Kementerian Sosial RI.

Penyandang disabilitas fisik itu, tak menyangka akan mendapatkan bantuan berupa motor roda tiga dari pemerintah.” Alhamdulillah, akhirnya bisa juga saya jualan keliling,”ujar Riswan, warga Desa Batang Kumu, Kecamatan Tambusai, Rokan Hulu itu, pada Rabu (15/11/2023).

Sebelum menerima bantuan tersebut, reporter Mengabarkan.com, mencoba berbincang dengan Riswan. Dengan sedikit senyum, ia pun menceritakan kisah hidupnya.

“Dulu kondisi fisik saya normal, tidak seperti saat ini yang hanya memiliki satu kaki. Saya dulu kecelakaan, hingga satu kaki saya terpaksa harus diamputasi. Dan waktu kejadian, saya belum nikah,” ujar Riswan mengenang peristiwa nahas itu.

Ia menyampaikan, peristiwa itu terjadi saat dirinya hendak berdagang ikan ke pasar di Kecamatan Rambah Hilir, Rokan Hulu, pada tahun 2012 lalu.

“Saya sejak lajang sudah jualan ikan laut, tapi pakai sepeda motor. Saat mau jualan terjadi kecelakaan, hingga kaki bagian kiri saya diamputasi,” terangnya.

Meski mengalami cacat fisik, tak membuat Riswan putus asa. Sejak lajang hingga sampai menikah, ia tetap berdagang keliling ke pasar. “Sampai saat ini masih jualan. Saya jualan ke pasar, istri jualan di rumah,”  kata Ayah dari 2 anak ini.

Riswan pun menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan pemerintah kepadanya.” Bantuan motor roda tiga ini sangat membantu. Kalau sepeda motor agak susah bawanya,” cetus Riswan, saat bersama Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Rokan Hulu, Damri Poti.

Selain Riswan yang mendapatkan motor roda tiga, ada juga Pak Ugum (56). Warga Desa Muara Rumbai, Kecamatan Rambah Hilir ini mengalami lemah fisik karena faktor jatuh saat berkendaraan.

“Saya juga pernah jatuh saat bawa sepeda motor, hingga saat ini tubuh saya sulit untuk digerakkan,” cerita Pak Ugum.

Ia pun berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Kemensos, sehingga dirinya bisa berjualan keliling jika ada acara pesta di kampungnya.

“Saya juga jualan minuman dan rokok di rumah. Dengan adanya motor roda tiga ini, saya sudah bisa jualan keliling, apalagi kalau ada pesta,” ujarnya. (Paber).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *