Surat Mendagri Tak Kunjung Direalisasikan di Rohul, Ternyata Ini Penyebabnya

Reporter Mengabarkan.com saat wawancara dengan Kasat Pol PP dan Damkar Rohul, Ridarmanto (baju merah).

Mengabarkan.com – Sejak dikeluarkanya Peraturan Dalam Negeri Republik Indonesia (Permendagri), Nomor 16 Tahun 2020, sampai saat ini Kabupaten Rokan Hulu belum dapat merealisasikanya.

Adapun salah satu poin yang dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian itu, tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan baik di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Di dalam  Pasal 2, Peraturan Menteri ini dimaksud sebagai pedoman bagi pemerintah daerah untuk mencapai pemenuhan layanan perlindungan masyarakat bidang pencegahan, penanggulangan kebakaran dan penyelamatan melalui perangkat daerah Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Dengan dikeluarkanya Permendagri pada tanggal 25 Februari 2020 lalu, dengan ketentuan peralihan yang mengharuskan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi dan Kabupaten/Kota harus mandiri tidak digabung pada perangkat daerah lainnya.

Menyikapi belum terbentuknya Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Rokan Hulu, reporter Mengabarkan.com mencoba melakukan sesi wawancara dengan Kasatpol PP dan Damkar Rokan Hulu, Ridarmanto, di ruang kerjanya, pada Kamis, 23 Nomber 2023.

Dia pun tak membantah adanya Permendagri terkait pembentukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di setiap Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Memang benar (Permendagri) itu. Dan suratnya sudah saya sampaikan ke Bapak Bupati H Sukiman. Hanya saja, dari informasi yang diterima kendalanya masalah anggaran, sehingga instruksi Mendagri itu belum dapat terealisasi,” jelas Ridarmanto.

Sementara itu, sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut, dengan adanya lembaga tersendiri akan bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal.

“Salah satu upaya memperkuat korps ini adalah kalau dia diperkuat regulasi, kelembagaan, prasarana, sumberdaya manusia, dan anggarannya,” kata Tito, dilansir Kompas.com. (Paber).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *