Sahabat Sejati dari Kota Pacu Jalur

Reporter Mengabarkan saat bertemu dengan Kapolres Kuansing AKBP Pangucap, beberapa waktu lalu.

Mengabarkan. com – Sejenak aku merenung, menghela nafas lalu tersenyum. Ternyata, telah tercipta persahabatan sejati yang tak pernah pudar.

Ungkapan itu tebersit di dalam hatiku! Betapa tidak, ia sudah berbulan-bulan tak lagi dekat denganku— karena urusan kerja. Meski sibuk, ia tetap meluangkan waktunya bagiku—ya, paling tidak tanya kabar.

Sahabatku ini bernama Pangucap Priyo Soegito. Ia saat ini bertugas di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau. Kota ini juga dijuluki sebagai kota Pacu Jalur. Ia berpangkat AKBP atau Ajun Komisari Besar Polisi.

Kalau berteman, Ia tak pernah memandang dari segi status. Mau petani, mau tukang becak, kuli bangunan maupun wartawan tetap sama. Baginya, pertemanan sejati itu yang paling utama.

“Ingat, jangan pernah menyombongkan diri. Bersahabatlah pada semua orang. Mencari lawan itu gampang, mencari teman itu yang sulit,” katanya berfilosofis, saat kami menjalin komunikasi melalui telepon, pada Sabtu, 9 Desember 2023.

Dalam komunikasi itu, banyak pesan yang disampaikanya. Mulai dari cara ‘menjaga’ keluarga, pekerjaan, hingga merawat persahabatan yang sejati.

“Seorang sahabat itu tidak boleh membeda-bedakan agama, budaya, keturunan ataupun golongan. Ia harus tulus menemani semampu dirinya. Dan tidak perlu berfikir apakah untung atau rugi menemani.”

“Jika itu sudah tertanam dalam hati, tentu bukan hanya sekedar rasa kemanusiaan saja yang didapatkan, tetapi lebih dari itu,” kata Kapolres Kuansing ini.

Sumber: Cerpen Mengabarkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *