Begini Kronologi Sejarah Kelahiran Pancasila 1 Juni 1945

Linparnews- Istilah Pancasila telah dikenal sejak abad ke-14, tepatnya ketika masa kerajaan Majapahit. Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari dua kata, Panca dan Sila. Panca memiliki arti lima dan sila berarti asas atau dasar.

Berdasarkan laman BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila), lahirnya Pancasila dimulai ketika sidang pertama BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Sidang tersebut dimulai pada 28 Mei 1945. Namun, topik mengenai dasar negara dibahas pada sidang hari selanjutnya, dilansir dari Detikcom

            Sejarah Kelahiran Pancasila 1 Juni 1945

Sidang BPUPKI dilatarbelakangi oleh kekalahan Jepang saat Perang Pasifik. Untuk memenangkan hati rakyat Indonesia, mereka menjanjikan kemerdekaan dan membuat lembaga sebagai persiapan. Lembaga itu disebut dengan Dokuritsu Junbi Cosakai atau BPUPKI.

Ketika sidang pertama berlangsung, para anggota BPUPKI mendiskusikan tema dasar negara. Sidang pertama dilakukan selama lima hari.

Lalu, ketika rapat pada 29 Mei 1945, Muhammad Yamin mengusulkan dasar negara berupa Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, serta Kesejahteraan Rakyat.

Kemudian pada 1 Juni 1945, Soekarno (Bung Karno) mengutarakan gagasan dasar negara yang disebut dengan Pancasila. Saat itulah, Pancasila lahir.

Ketika itu, Soekarno menyampaikan ide serta gagasannya terkait dasar negara Indonesia merdeka yang dinamai Pancasila. Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan Sosial”, lalu sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.

       Pembentukan Panitia Sembilan Sebagai Penyempurna Rumusan Pancasila

Demi menyempurnakan rumusan Pancasila dan membuat UUD yang didasari atas kelima asas tersebut, maka BPUPKI membuat panitia Sembilan.

Anggotanya antara lain Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokroseojoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Achmad Soebardjo, Mr. AA Maramis, dan Abdul Kahar Muzakir.

         Pancasila Dirumuskan ke Dalam Piagam Jakarta

Pada 22 Juni 1945, Pancasila dirumuskan ke dalam Jakarta Charter atau Piagam Jakarta. Kemudian, sehari pasca proklamasi kemerdekaan Indonesia, 18 Agustus 1945, Pancasila disahkan sebagai dasar negara dalam sidang BPUPKI.

              Penetapan Hari Lahir Pancasila Setiap Tanggal 1 Juni

Pancasila disetujui oleh Mukadimah UUD 1945 sebagai dasar negara Indonesia yang sah. Penetapan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2016 lalu.

Hal ini disampaikan oleh Jokowi melalui peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung. Ketetapan Hari Lahir Pancasila tertuang dalam Keputusan Presiden nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo. (ber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *