Dirlantas Polda Riau Gelar Rapat Forum Lalu Lintas untuk Sukseskan BTH

Direktorat lalu lintas Polda Riau melaksanakan kegiatan Rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan wilayah Provinsi Riau. Foto/Istimewa

Mengabarkan.com – Direktorat lalu lintas Polda Riau melaksanakan kegiatan Rapat Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan wilayah Provinsi Riau.

Rapat koordinasi itu dilaksanakan di Aula Rapat LT 2 Mako Ditlantas Polda Riau, yang dipimpin langsung oleh Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Taufiq Lukman Nurhidayat, didampingi Wadirlantas AKBP Nurhadi serta PJU Ditlantas Polda Riau.

“Sebelum melanjutkan kegiatan rapat forum lalu lintas pada hari ini saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah berkenan hadir dalam rapat pada hari ini,” kata Dirlantas Polda Riau, pada Kamis (16/11/2023).

Kombes Taufiq menyampaikan, dari hasil survey jalan yang dilaksanakan ada beberapa temuan yang wajib segera dibenahi.

“Di dalam forum pada hari ini, kita bergandengan tangan untuk mencari solusi bersama agar apa yang dikeluhkan masyarakat saat ini bisa terjawab,” ujar Kombes Taufiq.

Dia menjelaskan, dari hasil kajian Black Spot, Trouble Spot dan Sosialisasi Bulan Tertib Helm di wilayah Hukum Polda Riau yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat Provinsi Riau yang tertib dalam berlalu lintas serta menekan angka fatalitas di jalan.

Sementara, dalam paparan Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Riau AKBP Dasri menjelaskan, bahwa dari hasil kajian black spot, trouble spot dan sosialisasi bukan tertib helm di wilayah kota Pekanbaru ada beberapa poin yang ditemukan.

Mulai dari wilayah Polres Kampar tepatnya di Jalan Umum Pasir Putih kilometer 2, desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu. Di sini ada tikungan belokan dan tanjakan tajam, jarak pandang terhalang serta tidak ada rambu-rambu, alat penerangan jalan serta banyaknya kendaraan keluar masuk.

Di Polres Pelalawan Jalan Lintas Sumatera KM 39+100 Desa Lubuk Ogung, Kecamatan Bandar Sei Kijang merupakan jalan turunan atau tanjakan, banyak kendaraan melintas, tidak ada penerangan jalan dan pandangan terhalang.

Polres Polres Bengkalis, Jalan Lintas Duri – Dumai Km 5 desa Balai Makam Kecamatan Bathin Solapan, Bengkalis, kondisi tikungan , bahu jalan tidak ada rambu dan penerangan jalan, marka tidak ada serta pandangan terhalang.

Polres Rokan Hilir Jalan Lintas Riau-Sumut Simpang Batang Desa Rantau Bais, Kecamatan Tanah putih, kondosi jalan miring, bahu jalan tidak ada banyak dilintasi kendaraan berat serta rambu rambu miring.

Polresta Pekanbaru, U-turn depan kantor camat Bukit Raya yang sering dilanggar oleh masyarakat sekitar dan malah dianggap sebagai biang terjadinya kemacetan lalu lintas

Ia mengajak, agar melalui Rapat Forum LLAJ seluruh pihak dapat bekerja sama untuk memecahkan permasalahan lalu lintas yang ada sesuai kewenangannya masing-masing.

“Masalah kurangnya rambu rambu, penerangan jalan, jalan miring, semak-semak dan pohon yang mulai menutupi pandangan dapat segera dilengkapi dan dirapikan atau dianggarkan tahun depan,” ujarnya AKBP Dasri.

Selain itu, lanjutnya, melalui rapat forum lalu lintas agar dapat berkolaborasi secara aktif untuk memberikan edukasi guna menciptakan Provinsi Riau yang berkeselamatan dan menciptakan Kamseltibcarlantas jalan yang terus berkesinambungan.

“Saya berharap kepada seluruh peserta rapat forum lalu lintas hari ini, kebetulan di bulan November ini kita juga sedang melaksanakan kegiatan Bulan Tertib Helm 2023, kami juga membutuhkan peran semua pihak untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalulintas terutama pengguna sepeda motor agar tertib dalam berlalu lintas,” harapnya.

“Mari kita sama-sama mengajak, terutama di lingkungan kita sendiri, agar sebelum berkendara yang menggunakan sepeda motor agar menggunakan helm SNI, baik yang mengendarai maupun yang di bonceng,”sambungnya. (Rls/Paber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *